EMI RUSDIANI

Kamis, 26 Desember 2013

contoh RPP sma



RPP
(RENCANA PELAKSNAAN PEMBELAJARAN)




DISUSUN OLEH

NAMA                                               : Emi Rusdiani
NIM                                                    : 2011 121 164
SEMESTER/KELAS                       : 5D
MATA KULIAH                              : Dasar Proses Pembelajaran Matematika II
DOSEN PENGASUH                      : Dra.Hj. Jumroh, M.Pd


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
2013





 



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : X / 2(dua)
Standar Kompetensi   : 4.   Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Kompetensi dasar       : 4.4.Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah.

Indikator                     : 1. Menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan dengan prinsip modus ponens, modus tolens, dan silogisme.
                                      2. Memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika matematika.
                       
Alokasi waktu             : 2 × 45 menit (1 pertemuan)

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan dengan prinsip modus ponens, modus tolens, dan silogisme dan Memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika matematika. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);


Karakter siswa yang diharapkan :
    Rasa ingin tahu
    Mandiri
    Kreatif
    Kerja keras
B.    Materi Pembelajaran
Logika Matematika :
§  Penarikan kesimpulan berdasarkan prinsip modus ponens, modus tolens, silogisme.
§  Keabsahan penarikan kesimpulan.

C.   Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab.

D.       Langkah – Langkah Kegiatan
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
Nilai yang ditanamkan
1.
Pendahuluan
a.       Apersepsi
siswa diingatkan pada materi sebelumnya.
b.    Motivasi
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat memahami bagaimana menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan (yang diasumsikan benar terjadi) secara sah.




10 menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh- contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan dengan prinsip modus ponens, modus tolens, dan silogisme dan memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan.

b.      Elaborasi
·         Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan dengan prinsip modus ponens, modus tolens, dan silogisme serta cara memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika matematika.
·         Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh.
·         Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan.
·         Peserta didik dan guru bersama-sama membahas jawaban latihan soal.  

c.         Konfirmasi
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi melalui tanya jawab tentang hal hal yang belum diketahui siswa, meluruskan kesalahan pemahaman, dan memberikan penguatan.
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpartisipasi secara aktif.

70 menit
·   Rasa ingin tahu
Mandiri
Kreatif
Kerja keras

3.
Penutup
·         Siswa membuat  rangkuman dari materi.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi.

10 menit
·   Rasa ingin tahu
Mandiri
Kreatif
Kerja keras
E.    Alat dan Sumber Belajar
          Sumber :         
·         Buku paket, yaitu buku Matematika SMA Kelas X karangan herynugroho dkk, (hal. 28 35).

F.    Penilaian          
        Teknik                            : Tes Tertulis
        Bentuk Instrumen          : Uraian Singkat.



Instrument / Soal :
Tentukan kesimpulan dari premis – premis berikut !
1.      Premis 1 : jika siti sakit, maka siti pergi ke dokter.
Premis 2 : jika siti pergi ke dokter, maka ia mendapat obat.
2.      Premis 1 : jika hatinya senang, maka ia tersenyum.
Premis 2 : ia tidak tersenyum.
3.      Premis 1 : jika a dan b bilangan bulat ganjil, maka a + b genap.
Premis 2 : a dan b adalah bilangan bulat ganjil.
4.      Premis 1 : jika ABCD sebuah belah ketupat, maka AC tegak lurus BD.
Premis 2 : AC tidak tegak lurus BD.
5.      Premis 1 : jika x tidak habis dibagi 2, maka x bilangan ganjil
Premis 2 : x bilangan ganjil
JAWABAN :
No.
Penyelesaian
skor
1


2


3



4


5

Kesimpulan : Jika Siti sakit, maka ia mendapat obat.
Penarikan kesimpulan diatas dilakukan berdasarkan kaidah silogisme. 
Kesimpulan : hatinya tidak senang.
Penarikan kesimpulan diatas dilakukan berdasarkan kaidah modus tollens.
Kesimpulan : a + b genap.
Argumentasi diatas sah, karena sesuai dengan kaidah modus ponens.

Kesimpulan : ABCD bukan sebuah belah ketupat.
Penarikan kesimpulan diatas dilakukan berdasarkan kaidah modus tollens.
Kesimpulan : x tidak habis dibagi dua.
Argumentasi diatas sah, karena sesuai dengan kaidah modus ponens.
1


1


1



1


1

Jumlah
5

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100, sebagai berikut:


 
 



Palembang, Desember 2013
           Mengetahui
Kepala Sekolah                                                Guru Mata Pelajaran



                                                                           
NIP.                                                             NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar