EMI RUSDIANI

Jumat, 10 Januari 2014

CONTOH CARA MENGANALISIS DAYA PEMBEDA SOAL

Daya pembeda soal
Daya pembeda soal adalah kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara warga belajar/siswa yang telah menguasai materi yang ditanyakan dan warga belajar/siswa yang tidak/kurang/belum menguasai materi yang ditanyakan.
Untuk mengetahui daya pembeda soal bentuk pilihan ganda adalah dengan menggunakan rumus berikut ini.


Text Box: DP = B_A/J_A  - B_B/J_B  = PA - PB
 
                                   

DP       = Daya Pembeda
J           = Jumlah Peserta Tes
JA         = banyaknya peserta kelompok atas
JB         = banyaknya peserta kelompok bawah
BA        = banyaknya peserta kelompok atas yang menjawab benar
BB          = banyaknya peserta kelompok bawah yang menjawab benar
PA        = Proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar
PB        = Proporsi peserta kelompok bawah yang menjawab benar
Text Box: DP = (Mean Kelompok atas-mean kelompok bawah)/(Skor maksimum soal)

Untuk mengetahui daya pembeda soal bentuk uraian adalah dengan menggunakan rumus berikut ini.

                                             
Kriteria :
0,70 - 1,00    soal baik sekali (sangat baik)
0,40 - 0,69    soal baik(tinggi)
0,20 - 0,39    soal cukup (sedang)
0,19 - 0,00    soal rendah (kurang)
Analisis Daya Pembeda Soal
a. Pilihan Ganda
Setelah dilakukan tes pada 10 peserta maka diperoleh hasil sebagai berikut :
No
Nama Peserta
Nomor soal
Skor Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Dewi Yuniasari
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
4
2
Nur Pra Utami
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
4
3
Rahmadina Dwi Febriani
1
0
1
1
1
1
1
0
0
0
6
4
Rahmadhanti
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
5
Sri Purwanti
1
0
0
1
1
0
0
0
0
0
3
6
Ummi Kalsum
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
7
Intan Buana
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
4
8
Juli Yani
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
9
Dwithia Can Yo Putri
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
10
Oktarina A
1
0
0
1
1
1
0
0
0
1
5
Untuk memudahkan perhitungan skor yang terdapat pada tabel di urutkan dari peserta tes yang memperoleh skor yang tinggi menuju peserta yang memperoleh sekor yang rendah.
No
Nama Peserta
Nomor Soal
Skor
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Rahmadina Dwi Febriani
1
0
1
1
1
1
1
0
0
0
6
2
Rahmadhanti
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
3
Ummi Kalsum
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
4
Juli Yani
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
5
Dwithia Can Yo Putri
1
1
0
1
1
1
0
0
0
1
6
6
Oktarina A
1
0
0
1
1
1
0
0
0
1
5
7
Dewi Yuniasari
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
4
8
Nur Pra Utami
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
4
9
Intan Buana
1
0
0
1
1
1
0
0
0
0
4
10
Sri Purwanti
1
0
0
1
1
0
0
0
0
0

Jumlah Jawaban Benar
10
4
1
10
10
9
1
0
0
5

Jumlah Peserta
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
Keterangan :
Skor Siswa kelompok atas 6 – 10
Skor Siswa kelompok bawah 5 - 1
Jadi siswa kelompok atas ada 5 orang dan siswa kelompok bawah ada 5 orang.
DAFTAR DAYA PEMBEDA BUTIR SOAL
No soal
BA
JA
PA
BB
JB
PB
DP = PA -PB
Kriteria

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
5
4
1
5
5
5
1
0
0
4
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
1,00
0,80
0,20
1,00
1,00
1,00
0,20
0,00
0,00
0,80
5
0
0
5
5
4
0
0
0
1
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
1,00
0,00
0,00
1,00
1,00
0,80
0,00
0,00
0,00
0,20
0,00
0,80
0,20
0,00
0,00
0,20
0,20
0,00
0,00
0,60
Kurang
Sangat baik
Sedang
Kurang
Kurang
Sedang
Sedang
Kurang
Kurang
baik

Keterangan :
DP    = Daya Pembeda
J        = Jumlah Peserta Tes
JA      = banyaknya peserta kelompok atas
JB      = banyaknya peserta kelompok bawah
BA     = banyaknya peserta kelompok atas yang menjawab benar
BB      = banyaknya peserta kelompok bawah yang menjawab benar
PA     = Proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar
PB     = Proporsi peserta kelompok bawah yang menjawab benar

Kriteria :
0,70 - 1,00    soal baik sekali (sangat baik)
0,40 - 0,69    soal baik(tinggi)
0,20 - 0,39    soal cukup (sedang)
0,19 - 0,00    soal rendah (kurang)
Dari tabel dapat dilihat bahwa soal no 1, 4, 5, 8, dan 9 tidak menunjukkan perbedaan antar kelompok. Tidak adanya perbedaan tingkat kesukaran soal no 1, 4, 5, 8, dan 9 juga menunjukkan tidak ada perbedaan antar kelompok. Sedangkan Soal no. 2, 3, 6, 7, 10 mempunyai indeks daya pembeda yang baik.
Setelah dianalisis, baik dari variable, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda maka butir soal 2, 3, 6, 7, dan 10 dapat digunakan.     














b.   Uraian Singkat
Setelah dilakukan tes pada 10 orang maka didapat hasil sebagai berikut :
No
Nama Peserta
Nomor Soal
Skor
Total
1
2
3
4
5
1
Dewi Yuniasari
2
2,5
1
1
0
6,5
2
Nur Pra Utami
2
2,5
1
1
0
6,5
3
Rahmadina Dwi Febriani
1
2,5
0
1
0
4,5
4
Rahmadhanti
2
3
1
1
0
7
5
Sri Purwanti
2
3
0,5
1
0
6,5
6
Ummi Kalsum
2
2,5
1
1
0
6,5
7
Intan Buana
2
1,5
1
1
0
5,5
8
Juli Yani
2
2,5
1
1
0
6,5
9
Dwithia Can Yo Putri
2
3
1
1
0
7
10
Oktarina A
2
2,5
1
1
0
6,5

Untuk memudahkan perhitungan skor yang terdapat pada tabel di urutkan dari peserta tes yang memperoleh skor yang tinggi menuju peserta yang memperoleh sekor yang rendah.
No
Nama Peserta
Nomor Soal
Skor
Total
1
2
3
4
5
1
Rahmadhanti
2
3
1
1
0
7
2
Dwithia Can Yo Putri
2
3
1
1
0
7
3
Dewi Yuniasari
2
2,5
1
1
0
6,5
4
Nur Pra Utami
2
2,5
1
1
0
6,5
5
Sri Purwanti
2
3
0,5
1
0
6,5
6
Ummi Kalsum
2
2,5
1
1
0
6,5
7
Juli Yani
2
2,5
1
1
0
6,5
8
Oktarina A
2
2,5
1
1
0
6,5
9
Intan Buana
2
1,5
1
1
0
5,5
10
Rahmadina Dwi Febriani
1
2,5
0
1
0
4,5
Jumlah Jawaban
9
25,5
8,5
10
0

Jumlah Peserta
10
10
10
10
10

Keterangan :
Skor Siswa kelompok atas 6 – 10
Skor Siswa kelompok bawah 5 - 1
Jadi jumlah siswa kelompok atas ada 8 orang dan jumlah siswa kelompok bawah adalah 2 orang.
Daftar Daya Pembeda Butir Soal
No soal
BA
JA
PA
BB
JB
PB
PA - PB
S
Kriteria
1
16
8
2
3
2
1,5
0,50
2
0,25
Sedang
2
21,5
8
2,69
4
2
2
0,69
3
0,23
Sedang
3
7,5
8
0,94
1
2
0,5
0,44
1
0,44
Baik
4
8
8
1
2
2
1
0,00
2
0,00
Rendah
5
0
8
0
0
2
0
0,00
2
0,00
Rendah

Keterangan :
DP       = Daya Pembeda
J           = Jumlah Peserta Tes
JA         = banyaknya peserta kelompok atas
JB         = banyaknya peserta kelompok bawah
BA        = Jumlah skor  peserta kelompok atas yang menjawab benar
BB          = jumlah skor  peserta kelompok bawah yang menjawab benar
PA        = Proporsi peserta kelompok atas yang menjawab benar
PB        = Proporsi peserta kelompok bawah yang menjawab benar


Kriteria :
0,70 - 1,00    soal baik sekali (sangat baik)
0,40 - 0,69    soal baik(tinggi)
0,20 - 0,39    soal cukup (sedang)
0,19 - 0,00    soal rendah (kurang)
Dari tabel dapat dilihat bahwa soal no 4 dan 5 tidak menunjukkan perbedaan antar kelompok. Tidak adanya perbedaan tingkat kesukaran soal no 4 dan 5 juga menunjukkan tidak ada perbedaan antar kelompok. Sedangkan Soal no 1, 2, dan 3 mempunyai indeks daya pembeda yang baik.
Setelah dianalisis, baik dari variable, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda maka butir soal 1, 2, dan 3 dapat digunakan.



4 komentar: