EMI RUSDIANI

Jumat, 10 Januari 2014

contoh cara menganalisis jawaban (skor mentah menjadi 1 -10 dan A - E)



ANALISIS JAWABAN
a.   Mengolah Skor Mentah menjadi nilai Huruf(A – E)
Langkah – langkah :
1.      Mencari skor ideal, Mencari skor ideal, yaitu skor yang mungkin dicapai jika semua item dapat dijawab dengan benar. Skor ideal diperoleh dengan jalan menghitung jumlah item yang diberikan serta bobot dari tiap-tiap item.
Dalam soal ini skor idealnya adalah 20.
2.      Mencari rata-rata ideal (id) dengan rumus:
id = ½ x skor ideal      =  ½  x  20  =  10
3.      Mencari deviasi (SD) ideal dengan cara:
SD =  1/3  x id =  1/3  x  10 =
4.      Tabel Mencari nilai huruf A –E sebagai berikut :
Pedoman Konversi
Kategori
Nilai
id
SD
Skor
Nilai (A – E)
id + 1,5 x SD
A
10
 
15
A
id + 0,5 x SD
B
10
 
12
B
id - 0,5  x SD
C
10
 
8
C
id - 1,5 x SD
D
10
 
5
D

Pedoman konversi :
+ 1,5 untuk pedoman nilai A
+ 0,5 untuk pedoman nilai B
- 0,5  untuk pedoman nilai C
-1,5  untuk  pedoman nilai D

Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa siswa yang mendapat skor 15 – 20 = A,
12 – 14 = B, 8 – 11 = C, 5 – 7 = D, 0 - 4 = E.

Huruf tidak hanya menunjukkan kuantitas, tetapi dapat juga digunakan sebagai simbol untuk menggambarkan kualitas.
Skor Mentah
Nilai huruf
Predikat
15 – 20
12 - 14
8  - 11
5 -  7
0  - 4
A
B
C
D
E
Sangat baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat kurang

Tabel Konversi skor mentah menjadi nilai huruf (A – E)
No
Nama Peserta
Skor
Nilai(A – E)
1
Dewi Yuniasari
10,5
C
2
Nur Pra Utami
10,5
C
3
Rahmadina Dwi Febriani
10,5
C
4
Rahmadhanti
13
B
5
Sri Purwanti
9,5
C
6
Ummi Kalsum
12,5
B
7
Intan Buana
9,5
C
8
Juli Yani
12, 5
B
9
Dwithia Can Yo Putri
13
B
10
Oktarina A
11,5
C












b.      Mengolah Skor mentah menjadi nilai angka 1 – 10
Langkah – langkah :
1.      Mencari skor ideal, Mencari skor ideal, yaitu skor yang mungkin dicapai jika semua item dapat dijawab dengan benar. Skor ideal diperoleh dengan jalan menghitung jumlah item yang diberikan serta bobot dari tiap-tiap item.
Dalam soal ini skor idealnya adalah 20.
2.      Mencari rata-rata ideal (id) dengan rumus:
= ½ x skor ideal      =  ½  x  20  =  10
3.      Mencari deviasi (SD) ideal dengan cara:
SD =  1/3  x id =  1/3  x  10 =
4.      Tabel mencari nilai angka 1 – 10 sebagai berikut :
Pedoman Konversi
Kategori
Nilai
id
SD
Skor
Nilai
(1 – 10)
id + 2,25 x SD
10
10
 
17
10
id + 1,75 x SD
9
10
 
16
9
id + 1,25  x SD
8
10
 
14
8
id + 0,75 x SD
7
10
 
12
7
id + 0,25 x SD
6
10
 
11
6
id – 0,25 x SD
5
10
 
9
5
id – 0,75 x SD
4
10
 
8
4
id – 1,25 x SD
3
10
 
6
3
id – 1,75 x SD
2
10
 
4
2
id – 2,25 x SD
1
10
 
3
1
Pedoman konversi :
+ 2,25 untuk pedoman nilai 10           -0,25 untuk pedoman nilai 5  
+ 1,75 untuk pedoman nilai 9             -0,75 untuk pedoman nilai 4
+ 1,25 untuk pedoman nilai 8             -1,25 untuk pedoman nilai 3
+ 0,75 untuk pedoman nilai 7             -1,75 untuk pedoman nilai 2
+ 0,25 untuk pedoman nilai 6             -2,25 untuk pedoman nilai 1

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yang mendapat skor 17 – 20 = 10, 16 = 9, 14 – 15 = 8, 12 – 13 = 7, 11 =  6, 9 – 10 = 5, 8 = 4, 6 – 7 = 3, 4 – 5 = 2, 3 = 1 dan skor dibawahnya adalah nol.

Tabel Konversi skor mentah menjadi nilai huruf (1 – 10)
No
Nama Peserta
Skor
Nilai( 1 – 10)
1
Dewi Yuniasari
10,5
5
2
Nur Pra Utami
10,5
5
3
Rahmadina Dwi Febriani
10,5
5
4
Rahmadhanti
13
7
5
Sri Purwanti
9,5
5
6
Ummi Kalsum
12,5
7
7
Intan Buana
9,5
5
8
Juli Yani
12, 5
7
9
Dwithia Can Yo Putri
13
7
10
Oktarina A
11,5
6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar