RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1
Martapura
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VIII / 2
Alokasi
Waktu : 1 x 10
menit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
|
2.
2.1.
1.
2.
|
Memahami kesebangunan bangun
datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Mengidentifikasi sifat-sifat
dua segitiga sebangun dan kongruen.
Membedakan pengertian sebangun
dan kongruen dua segitiga
Menyebutkan sifat-sifat dua
segitiga sebangun dan kongruen
1 x 10 menit
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat Menentukan perbandingan sisi dua segitiga sebangun
2.
Peserta didik dapat Menyebutkan sifat – sifat dua segitiga yang sebangun
3.
peserta didik dapat menyebutkan
sifat–sifat dua segitiga yang kongruen
Karakter Siswa
Yang Diharapkan :
·
Berfikir Kritis
·
Cermat
B.
Materi
Ajar
1. Pengertian
Dua Segitiga Sebangun
2. Pengertian
Dua segitiga Kongruen
C.
Metode
Pembelajaran
Metode
Ceramah dan Tanya Jawab
D.
Langkah
– langkah Kegiatan
Pendahuluan
1. Guru
mengucapkan salam ketika memasuki ruangan kelas
2. Guru
Memimpin Do’a
3. Guru
mengecek kehadiran siswa
v Apersepsi
1. Sebelum
memulai materi peserta didik diingatkan kembali pada materi sebelumnya tentang
segitiga.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai kepada peserta
didik
·
Peserta didik dapat Menentukan perbandingan sisi dua segitiga sebangun
·
Peserta didik dapat Menyebutkan sifat – sifat dua segitiga yang sebangun
·
peserta didik dapat
menyebutkan sifat – sifat dua segitiga
yang kongruen
3. Guru
menginformasikan pelajaran yang akan dipelajari hari ini, yaitu tentang dua
segitiga sebangun dan kongruen
4. Memotivasi
peserta didik tentang pentingnya mempelajari materi kubus
Kegiatan
inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
1. Menggunakan
laptop, infokus, dan whiteboard dalam pelajaran
2. Memberikan
stimulus kepada peserta didik mengenai dua
segitiga sebangun dan kongruen. Dengan ilustrasi sebagai berikut :
Guru : dari
ilustrasi tersebut, coba kalian sebutkan apa persamaan dan perbedaan dari segitiga
I dan II ? (siswa diharapkan dapat memecahkan masalah dari ilustrasi terebut )
Peserta didik 1 : Persamaanya
mempunyai sudut yang sama besar
Peserta didik 2 : Perbedaanya panjang sisinya berbeda
antara segitiga I dan II
Guru
: Ya, Jawabnya benar
|
3.
|
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
1. Meluruskan kesalah pahaman dan memberikan
penguatan baik berupa lisan, tulisan, maupun hadiah kepada peserta didik
2. Memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman pelajaran yang telah dilakukan.
Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan penutup :
·
Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) untuk membaca materi pembelajaran selanjutnya
·
Guru memberikan kesempatan
kembali kepada peserta didik untuk bertanya sebelum pertemuan ditutup
·
Guru menutup dengan
mengucapkan salam
Guru
:” Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh”
Siswa
: “ Waalalaikumsalam Warrahmatullahi Wabarakatuh”
E.
Alat
dan Sumber Belajar
Sumber
:
·
Buku paket, yaitu buku paket Yudishtira Matematika
2011 SMP Kelas VIII Semester 2
Alat
:
·
Laptop
·
Infokus
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
|
Palembang, 14
April 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Linda
M. Pd Emi
Rusdiani
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar