ANALISIS JAWABAN
a.
Mengolah
Skor Mentah menjadi nilai Huruf(A – E)
Langkah – langkah :
1. Mencari
skor ideal, Mencari skor ideal, yaitu skor yang mungkin dicapai jika
semua item dapat dijawab dengan benar. Skor ideal diperoleh dengan jalan
menghitung jumlah item yang diberikan serta bobot dari tiap-tiap item.
Dalam
soal ini skor idealnya adalah 20.
2. Mencari
rata-rata ideal (id) dengan rumus:
id = ½ x skor ideal
= ½ x 20 = 10
3. Mencari deviasi
(SD) ideal dengan
cara:
SD = 1/3
x id = 1/3
x
10 = 

4. Tabel Mencari nilai huruf A –E
sebagai berikut :
Pedoman Konversi
|
Kategori
Nilai
|
id
|
SD
|
Skor
|
Nilai (A – E)
|
id
+ 1,5 x SD
|
A
|
10
|
![]() |
15
|
A
|
id
+ 0,5 x SD
|
B
|
10
|
![]() |
12
|
B
|
id
- 0,5 x SD
|
C
|
10
|
![]() |
8
|
C
|
id
- 1,5 x SD
|
D
|
10
|
![]() |
5
|
D
|
Pedoman
konversi :
+
1,5 untuk pedoman nilai A
+
0,5 untuk pedoman nilai B
-
0,5 untuk pedoman nilai C
-1,5 untuk
pedoman nilai D
Dari
data tersebut dapat kita simpulkan bahwa siswa yang mendapat skor 15 – 20 = A,
12
– 14 = B, 8 – 11 = C, 5 – 7 = D, 0 - 4 = E.
Huruf
tidak hanya menunjukkan kuantitas, tetapi dapat juga digunakan sebagai simbol
untuk menggambarkan kualitas.
Skor
Mentah
|
Nilai
huruf
|
Predikat
|
15
– 20
12
- 14
8 - 11
5
- 7
0 - 4
|
A
B
C
D
E
|
Sangat
baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat
kurang
|
Tabel Konversi skor mentah menjadi
nilai huruf (A – E)
No
|
Nama Peserta
|
Skor
|
Nilai(A – E)
|
1
|
Dewi Yuniasari
|
10,5
|
C
|
2
|
Nur Pra Utami
|
10,5
|
C
|
3
|
Rahmadina Dwi Febriani
|
10,5
|
C
|
4
|
Rahmadhanti
|
13
|
B
|
5
|
Sri Purwanti
|
9,5
|
C
|
6
|
Ummi Kalsum
|
12,5
|
B
|
7
|
Intan Buana
|
9,5
|
C
|
8
|
Juli Yani
|
12, 5
|
B
|
9
|
Dwithia Can Yo Putri
|
13
|
B
|
10
|
Oktarina A
|
11,5
|
C
|
b.
Mengolah Skor mentah menjadi nilai
angka 1 – 10
Langkah –
langkah :
1.
Mencari skor ideal, Mencari skor
ideal, yaitu skor yang mungkin dicapai jika semua item dapat dijawab dengan
benar. Skor ideal diperoleh dengan jalan menghitung jumlah item yang diberikan
serta bobot dari tiap-tiap item.
Dalam
soal ini skor idealnya adalah 20.
2. Mencari
rata-rata ideal (id) dengan rumus:
= ½ x skor
ideal = ½
x 20 = 10
3.
Mencari deviasi (SD) ideal dengan
cara:
SD = 1/3
x id = 1/3
x
10 = 

4.
Tabel
mencari nilai angka 1 – 10 sebagai berikut :
Pedoman Konversi
|
Kategori
Nilai
|
id
|
SD
|
Skor
|
Nilai
(1 – 10)
|
id
+ 2,25 x SD
|
10
|
10
|
![]() |
17
|
10
|
id
+ 1,75 x SD
|
9
|
10
|
![]() |
16
|
9
|
id
+ 1,25 x SD
|
8
|
10
|
![]() |
14
|
8
|
id
+ 0,75 x SD
|
7
|
10
|
![]() |
12
|
7
|
id
+ 0,25 x SD
|
6
|
10
|
![]() |
11
|
6
|
id
– 0,25 x SD
|
5
|
10
|
![]() |
9
|
5
|
id
– 0,75 x SD
|
4
|
10
|
![]() |
8
|
4
|
id
– 1,25 x SD
|
3
|
10
|
![]() |
6
|
3
|
id
– 1,75 x SD
|
2
|
10
|
![]() |
4
|
2
|
id
– 2,25 x SD
|
1
|
10
|
![]() |
3
|
1
|
Pedoman konversi :
+ 2,25 untuk pedoman nilai 10 -0,25 untuk pedoman nilai 5
+ 1,75 untuk pedoman nilai 9 -0,75 untuk pedoman nilai 4
+ 1,25 untuk pedoman nilai 8 -1,25 untuk pedoman nilai 3
+ 0,75 untuk pedoman nilai 7 -1,75 untuk pedoman nilai 2
+ 0,25 untuk pedoman nilai 6 -2,25 untuk pedoman nilai 1
Dengan
demikian dapat diambil kesimpulan bahwa siswa yang mendapat skor 17 – 20 = 10,
16 = 9, 14 – 15 = 8, 12 – 13 = 7, 11 = 6, 9 – 10 = 5, 8 = 4, 6 – 7 = 3, 4 – 5 = 2, 3
= 1 dan skor dibawahnya adalah nol.
Tabel Konversi skor mentah menjadi
nilai huruf (1 – 10)
No
|
Nama Peserta
|
Skor
|
Nilai( 1 – 10)
|
1
|
Dewi Yuniasari
|
10,5
|
5
|
2
|
Nur Pra Utami
|
10,5
|
5
|
3
|
Rahmadina Dwi Febriani
|
10,5
|
5
|
4
|
Rahmadhanti
|
13
|
7
|
5
|
Sri Purwanti
|
9,5
|
5
|
6
|
Ummi Kalsum
|
12,5
|
7
|
7
|
Intan Buana
|
9,5
|
5
|
8
|
Juli Yani
|
12, 5
|
7
|
9
|
Dwithia Can Yo Putri
|
13
|
7
|
10
|
Oktarina A
|
11,5
|
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar